Tags

, ,

Otokratis mengacu pada gaya/ tipe kepemimpinan yang otoriter atau tersarah gue.. sedangkan demokratis merupakan aya ayang sebaliknya.. sekarang kita lohat bagaimana jika kita ada di sebiah perusahaan atau sebuah lembaga yang kecil ( dibawah tingkatan negara)???Ada pendapat yang mengatakan bahwa demokratis hanya berjalan pada tatanan Negara, sedangkan pada tatanan perusahaan itu ternyata tidak berjalan?
Kenapa terjadi….ambil contoh seorang pimpinan lebih banyak mengambil keputusan berdasarkan diskusi dengan bawahanya, atau ketika suatu ada masalah ….pimpina tersebut bialng…well,,, sekarang kita diskusi, dan kita ambil jawaban yang paling bagus. mungkin dari sisi jawaban akan sangat bagus karena beragam,,,, tapi dari segi kepemimpinan mungkin krang baik, karena terlalu banyak waktu yang diperlukan untuk diskusi. terlebih lagi ketika situasi sangat mendesak.

jadi, dalam suatu perusahaan apalagi di level bawah sebaiknya lebih bersifat ‘feodal”.. artinya apa yang harus kita perntahkan benar-benar jelas tanpa ada keragu-raguan dan ambigu. Hal yang paling penting lagi adalah…ambilah suatu keputusan…jangan sampai ditunda-tunda karena bawahan anda akan bingug apa yang harus dilakukan…(nanti di edit lagi lah )